Senin, 18 Mei 2015

Regulator Klasik 12 Volt Arus Besar dengan Transistor MJ2955

Berikut adalah skema rangkaian Regulator Tegangan 12 Volt 30 Ampere yang sudah lama sekali dikenal karena sederhana dan mudah didapat. Sekarang sudah banyak adaptor arus besar yang menggunakan trafo ferrite atau dengan type Switching Power Supply. Tetapi rangkaian ini masih banyak digunakan di lab listrik dan type ini disebut Linear Voltage Regulator. Kelemahannya adalah efisiensi nya rendah karena sebagian energi diubah menjadi panas di transistor daya MJ2955. Jika anda punya trafo arus besar misal 5 atau mungkin 30 Ampere yang gak terpakai, rangkaian ini layak dicoba agar trafo anda bisa jadi Adaptor 12volt yang serbaguna.

Ada rangkaian sejenis tetapi itu adalah rangkaian yang salah. Rangkaian ini menggunakan transistor NPN 3055. Jadi harus diperhatikan, rangkaian yang benar dan berfungsi adalah menggunakan transistor PNP 2955.
Berikut rangkaian yang SALAH:




Jika diperhatikan, tidak ada sistem feed-back atau umpan balik tegangan output. Emitter tidak berhubungan dengan sistem kontrol IC 7812. Sedangkan rangkaian yang pertama, Jelas output IC 7812 akan mengontrol tegangan keluaran dari 3 transistor MJ2955 tepat di 12 Volt. 

Ads...
LM1875
https://www.tokopedia.com/greencleanenergy/lm1875-ic-audio-amplifier



2 komentar:

  1. kalo ingin buat yang untuk arus negatif bagaimana skemanya bos. misal dengan ic 7912 apa mengunakan tr 2n3055 apa mj2955 mohon petunjuk dan skemanya. newby

    BalasHapus
  2. saya setuju sama rangkaian ini, yg pakai mj2955.
    saya pernah coba ada trafo bekas tp tegangan sekitar 30V setelah saya searahkan jd sktr 40V, saya coba pakai yg rangkaian 3055 dg voltase 15V ato 12V ato brp?, saya lupa, sudah lama sekali, pakai IC LM317 saya lupa juga✌️, trs saya konsletkan kabelnya, alhasil transistor 3055 jebol, trs saya pakai yg 2955, saya coba rangkaian spt itu, saya konsletkan, alhasil kabelnya yg terbakar alias yg pakai rangkaian MJ2955 transistor gak jebol, tp kabelnya yg terbakar, tp saya pakai cuma 1 tranaistor wkt itu.
    saya juga barusan rangkai dr 12V jd 2 - 12V pakai LM317 dan TIP42, kuat kok transistornya kl dirangkai spt yg MJ2955, kl yg 2N3055 kurang kuat menurut pengalaman saya,
    itu sedikit beebagi pengalaman saya🙏

    BalasHapus